Ingin Mengganti Lantai Lama dengan yang Baru?

flooring 1Apakah lantai di rumah Anda sudah terlihat jelek dan banyak goresan atau bahkan berlubang? Jika iya, sebaiknya ganti lantai rumah Anda dengan yang baru karena apabila tidak, hal ini dapat mendatangkan masalah untuk Anda dan keluarga. Coba bayangkan jika pasangan Anda sedang membawa kopi atau teh hangat dan tiba-tiba dia terjatuh karena lubang yang ada di lantai. Tentu dia akan mengalami cidera dan bayangkan jika tumpahan air panas tadi mengenai Anda. Nah, jika Anda punya anak dan dia jatuh karena lubang pada lantai rumah Anda, tentu dia juga akan meringis kesakitan.

Well, masih ragu untuk mengganti lantai lama dengan yang baru? Jika tidak, ada baiknya untuk mengikuti tips berikut ini agar mendapatkan hasil maksimal:

Pilih lantai baru sesuai tema interior

Ada banyak jenis lantai yang bisa dipilih, seperti lantai kayu, keramik, beton, vinyl, dan karpet. Namun, Anda tidak boleh memilih lantai baru sesuka Anda. Sebaiknya sesuaikan lantai baru dengan tema interior agar tercipta nuasa harmonis dan nyaman di dalam rumah. Sebagai contoh, jika tema interior rumah Anda adalah klasik, memilih lantai kayu sangatlah disarankan atau jika tema interior rumah Anda adalah mewah, lantai keramik dengan motif cantik bisa menjadi pilihan. Adapun memilih lantai keramik tidak boleh asal-asalan kecuali Anda tidak ingin menampilkan kesan apa-apa pada rumah Anda. Pilih lantai keramik dengan warna, ukuran, dan motif yang pas. Pada umumnya, untuk rumah minimalis, disarankan untuk menggunakan keramik dengan ukuran besar agar rumah terlihat lebar.

Miliki cukup dana

Untuk membeli lantai yang baru, tentu dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Apalagi jika ukuran rumah Anda relatif besar. Untuk itu, Anda harus memiliki cukup dana untuk membeli lantai baru. Bagaimana jika dana yang dimiliki terbatas? Sangat disarankan untuk mencari dana tambahan terlebih dahulu. Alternatif lain, cukup ganti lantai pada ruangan tertentu terlebih dahulu. Cara ini akan sangat menghemat pengeluaran.

Btw, pastikan untuk membeli lantai baru di toko atau penyedia yang dapat dipercaya agar Anda bisa mendapatkan lantai dengan kualitas yang tidak diperlukan lagi. Jika ada toko atau penyedia yang menawarkan harga murah, jangan langsung percaya begitu saja karena bisa jadi produk yang ditawarkan tidak berkualitas.

flooring 2

Pekerjakan tukang pasang lantai profesional

Sebagian besar orang memilih untuk memasang lantai baru sendiri karena mereka ingin menghemat pengeluaran. Sayangnya, ketika melihat hasilnya, mereka barulah menyesal karena lantai rumah mereka terlihat acak-acakan dan jelek. Yang tadinya ingin menghemat uang, justru malah membuat pengeluaran semakin besar karena harus memperbaiki dan membeli lantai baru. Apabila Anda tidak ingin hal ini terjadi, ada baiknya untuk mempekerjakan tukang pasang lantai profesional yang ada di sekitar Anda. Apabila Anda kesulitan menemukannya, minta bantuan orang terdekat yang setidaknya tahu bagaimana cara memasang lantai yang baik dan benar.

Anyway, jika Anda menemukan tukang pasang lantai pemula yang mengaku bahwa dia ahli dalam memasang lantai dan Anda pun tidak punya pilihan lain, sebaiknya buat perjanjian tertulis terlebih dahulu. Perjanjian tersebut dapat menyangkut soal pemasangan ulang atau ganti rugi apabila dia tidak menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Mudah-mudahan dengan memilih lantai yang tepat sesuai dengan tema interior, memiliki cukup dana, dan mempekerjakan tukang pasang lantai profesional, Anda bisa memasang lantai baru dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *