Yang Jangan Lupa Diperhatikan sebelum Membangun Rumah

Salah satu tips dalam membeli rumah atau membeli tanah yang ingin dijadikan tempat tinggal adalah melihat di mana letak lokasi rumah atau tanah itu sendiri. Sebagian besar calon pembeli beranggapan bahwa yang harus mereka utamakan adalah rumah atau lokasi harus bagus, menarik, dan mengesankan. Apakah asumsi ini benar? Asumsi ini tidak sepenuhnya benar karena masih ada banyak hal yang harus diperhatikan selain hal-hal tersebut. 3 diantaranya adalah:

jalan sendirian

Akses jalan

Coba bayangkan tinggal di rumah idaman yang ada kolam renang dan taman bunganya yang cantik tapi akses jalannya masih minim alias susah diakses. Apakah Anda mau tinggal di tempat seperti itu, apalagi jika di sana belum terdapat banyak rumah-rumah penduduk? Yang ada, rumah Anda akan disantroni perampok atau pencuri cepat atau lambat. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengecek akses jalan menuju rumah atau lokasi tanah. Jangan tergiur dengan harga murah apabila lokasi tanah berada di tempat yang susah diakses dan hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua. Alasannya sederhana karena lokasi tanah tersebut terlalu jauh dari pemukiman penduduk. Bagaimana warga bisa menolong Anda apabila Anda meminta bantuan kepada mereka?

airPasokan listrik dan air

Hidup Anda tidak akan pernah nyaman jika Anda selalu mengeluhkan pasokan listrik dan air yang sering putus di kediaman Anda. Hal ini akan membuat Anda semakin kesal apabila ketika Anda menghubungi pihak bersangkutan dan mereka mengatakan memang sedang ada pembatasan pasokan listrik dan air di tempat Anda. Apabila Anda bisa memaklumi hal ini, bagaimana jika Anda harus bekerja secara online di rumah. Tentu akan sangat menyebalkan apabila listrik sering mati karena data yang sudah dibuat bisa hilang begitu saja. Di samping itu, bagaimana jika ada kemarau panjang sedangkan pasokan air terbatas dan sumur-sumur di sekitar Anda sudah mengering? Tentu saja, Anda butuh dana yang banyak untuk membeli air galonan nantinya.

security Kondisi keamanan lingkungan

Sebagian orang rela menghabiskan banyak uang untuk memasang sistem keamanan yang modern dan menyewa para penjaga (sekuriti) demi mengamankan kediaman mereka. Hebatnya lagi, mereka melakukan hal ini padahal lingkungan mereka cukup aman dari tindakan kriminal. Nah, mereka yang tinggal dilingkungan yang aman saja masih mengkhawatirkan keamanan rumah mereka, bagaimana dengan Anda yang tinggal di lingkungan yang tidak terjamin keamanannya. Sadari bahwa pencurian atau perampokan rumah bisa saja terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi. Bayangkan apa jadinya jika Anda tidak mengecek kondisi keamanan lingkungan sebelum membeli rumah atau tanah. Untuk mengetahui hal ini, ada baiknya untuk bertanya kepada warga setempat atau kepala rukun tetangga agar Anda mengetahui kondisi sesungguhnya. Jika Anda hanya mendengarkan perkataan broker rumah atau pemilik tanah saja, mereka bisa saja berbohong agar Anda membeli aset mereka.

Di samping itu, cek juga sejarah dari lokasi rumah yang sudah dipilih. Pastikan bahwa tempat tersebut tidak kebanjiran ketika musim hujan dan bukan tempat sawah atau hutan dulunya. Mengapa? Karena hama, seperti tikus, lebah, lipas, dan lain-lain biasanya akan kembali ke tempat ini cepat atau lambat. Bagi yang percaya dengan dunia mistis, ada baiknya untuk tanya-tanya dulu tentang kondisi rumah atau lokasi tersebut. Apabila banyak warga yang mengatakan hal-hal tidak masuk akan tentang tempat tersebut, pikir dua kali untuk membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *